Gajah Pecandu Heroin

Bukan cuma manusia yang bisa kecanduan heroin. Di Cina ditemukan seekor gajah yang sedang ketagihan barang haram ini. Aneh banget ya?

Gajah berusia empat tahun tersebut bernama Xiguang. Awalnya polisi menangkap para pedagang gajah ilegal di Cina Barat Daya. Tetapi ketika melihat Si Xiguang di antara hasil tangkapan mereka, polisi menemukan bahwa gajah itu menderita gejala-gejala ketagihan narkoba. Kedua mata gajah itu tampak terus melotot dan mengeluarkan suara-suara ribut. Dan dugaan polisi ternyata benar. Xiguang ketagihan heroin.

Dari hasil penyelidikan, ternyata Xiguang sering diberi makan pisang yang sudah disusupi dengan obat terlarang alias heroin. Menurut perkiraan, para pedagang itu memberi gajah itu pisang-pisang yang sudah dicampur dengan heroin agar bisa menangkap dan mengendalikannya. Gile bener, apa nggak ada cara yang lebih baik?

Untuk menyembuhkannya, si gajah narkoba harus menerima injeksi metadhone selama setahun dengan dosis lima kali lipat dari dosis yang biasa diterima manusia. Xiguang pun dikirim ke satu pusat perlindungan hewan liar di Pulau Hainan, Cina Barat Daya untuk menjalani rehabilitasi, dan kembali ke rumahnya setelah menjalani program detoks atau membersihkan sisa-sisa obat terlarang dalam tubuhnya.

Gajah Asia adalah spesies yang terancam punah. Jumlahnya kini hanya sekitar 25.600 ekor hingga 32.750 yang masih berada di alam bebas. Ini menurut kelompok konservasi alam WWF lho.

1 comments:

L The Lionheart

sadis juga tuh orang pake heroin segala...
tapi ngapain juga nangkep gajah pake heroin engak sayang tuh duit N ama gajahnya...

  © Blogger template 'Gendeng' by Blogendeng 2008

Back to TOP